Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

-=Be Yourself and Love Yourself=-

ARTIKEL TENTANG JENIS, BAHAYA DAN PENYULUHAN NARKOBA






Terima kasih telah berkunjung ke blog saya ini, Sebelumnya mari kita ucapkan salam ANTI NARKOBA untuk sapaan hari ini. Dan terima kasih banyak untuk anda yang telah meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel TENTANG JENIS, BAHAYA DAN PENYULUHAN NARKOBA yang ada di blog saya ini. Saya yakin, ini bukan pertama kalinya anda mendengar nama atau sebutan NARKOBA, karena barang haram ini sudah menyatu dengan kehidupan nyata kita. Narkoba adalah satu kata yang sudah sangat sering sekali kita dengar bersama, kita bahas dan kita rasakan bahwa barang haram tersebut benar - benar nyata adanya. NARKOBA adalah setan yang benar - benar nyata dalam hidup kita karena bentuk dan wujudnya hingga akibatnya telah kita rasakan bersama. Sadarkah kita,yang bukan pengguna/pemakai NARKOBA kita dapat merasakan dampak negatif yang buruk dari barang haram tersebut, apalagi pengguna/pecandu barang haram tersebut? pastinya kita mempunyai pikiran yang sama bahwa betapa hancurnya masa depan mereka. Mungkin diantara anda atau bahkan anda sendiri sudah sering mengikuti acara - acara sosial tentang NARKOBA, dari seminar sampai workshop tentang NARKOBA , pengenalan NARKOBA, penyuluhan NARKOBA atau acara - acara sosial lainnya yang berkaitan untuk menyadarkan kita semua tentang dampak buruk dari bahaya NARKOBA tersebut. Itu semua adalah kegiatan yang penting untuk kita ikuti, agar menambah wawasan tersendiri untuk kita menyikapi bahaya NARKOBA itu sendiri. Namun hal yang terpenting adalah yang perlu kita ingat inti dari semua itu adalah kita sendiri, bagaimana kita bisa menjaga diri kita sendiri untuk jauh dari hal yang menakutkan tersebut dan bahkan dapat menjaga orang - orang yang kita sayang juga jauh dari barang haram tersebut. Yang perlu kita sadari adalah NARKOBA tidak pandang bulu dalam mencari mangsanya, semua kalangan di sapu bersih olehnya, dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua. Dari orang kalangan bawah hingga orang kalangan atas semua dalam bayang - bayang barang haram tersebut.
NARKOBA adalah satu kata yang patut kita takuti bagi setiap manusia, dan karenanya dibutuhkan bagaimana cara menjauhinya, sehingga semua orang mempunyai daya tangkal untuk tidak menyentuhnya atau bahkan melihat wujudnya. Ada tiga kata simple untuk kita menjauhi NARKOBA, dan itu semua harus dan patut kita lakukan. Kata - kata itu di singkat dengan PSK : Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan. Adapun maksudnya adalah kita harus mempunyai Pengetahuan tentang NARKOBA, cara kita Menyikapinya dan Keterampilan kita dalam berbagai hal sehingga kita tidak sempat di bayang - bayangi oleh NARKOBA tersebut.
NARKOBA adalah bisnis pribadi yang merugikan kita semua, dan sadarkah anda bahwa pebisnis NARKOBA malah jarang menggunakan NARKOBA dengan alasan hanya mengambil untung di atas kerugian kita. Rata - rata pebisnis narkoba mempunyai targetnya masing - masing. Target pebisnis barang haram ini kebanyakan adalah Usia Produktif /Remaja. Usia Produktif/Remaja adalah target empuk para bandar/pebisnis NARKOBA tersebut. Mengapa demikian? Karena di Usia Produktif/Remaja adalah usia yang masih labil dan mudah untuk dipengaruhi.Dan kebanyakan pengguna usia Produktif/Remaja adalah seorang siswa/pelajar yang masih aktif. Maka Berhati - hatilah para remaja.
Mungkin yang belum anda sadari atau anda rasakan, 3 dari 10 teman anda pernah menggunakan NARKOBA atau masih aktif menggunakannya. Kenapa masih banyak orang yang menggunakan NARKOBA? Itu karena masih kurangnya Informasi yang belum menyeluruh tentang NARKOBA. Maka dari itu, marilah kita berperan menjadi duta NARKOBA bagi diri sendiri, teman, sahabat, saudara bahkan lingkungan kita, karena jika bukan kita siapa lagi yang perduli dengan genarasi kita berikutnya. Apakah anda juga ingin keturunan anda kelak menjadi pecandu barang haram tersebut? saya harap anda berkata tidak untuk kata - kata itu. Dan ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, tidak semua dari NARKOBA tidak dibutuhkan demi kebaikan, ada beberapa dari sekian banyak NARKOBA yang di butuhkan oleh medis, yang perlu anda ingat adalah HANYA DIBUTUHKAN UNTUK MEDIS, bukan di salah gunakan. Jenis narkoba tersebut adalah Heroin dan Morfin, tetapi sekali lagi yang anda harus ingat HANYA UNTUK MEDIS, bukan untuk di salah gunakan.
Ini Adalah Beberapa jenis NARKOBA yang yang perlu anda ketahui lalu anda jauhi dan sangat sering kita dengar dan sangat populer bagi kalangan penikmat barang haram tersebut.

- Ganja = THC = Tetra Hidro Cannabinol, yang dapat merusak unsur syaraf bagian belakang Neoforteks. Ganja tidak menyebabkan Kematian, tapi menyebabkan kegilaan karena banyak menyerang unsur syaraf jaringan otak anda.

- Heroin dan Morfin = 2 jenis inilah yang di butuhkan oleh medis ( hanya medis ). Heroin dan Morfin dapat diolah menjadi putau. Heroin dan morfin dapat menyebabkan kematian bagi penggunanya jika over dosis. sedangkan putau sendiri dapat menyebabkan HIV & AIDS karena cara menggukannya menggunakan jarum suntik yang tidak steril dan di gunakan secara bergantian, dan fatalnya dapat juga mengakibatkan kematian.

- Psikotropika = yaitu 2 jenis NARKOBA Ekstasi dan Sabu - sabu. Ekstasi sendiri bersal dari Belanda, Ekstasi dapat mnyebabkan Kematian jika over Dosis. Dan sabu - sabu sendiri dapat menimbulkan efek semangat dan susah tidur bagi penggunanya dan fatalnya dapat menyebabkan kematian.

- Bahan Adiktif = Terdiri dari Miras, Rokok, Lem kambing dan Spertus. Jenis - jenis ini sangat banyak beredar di masyarakat, karena tidak ada UU terkait tentang hukuman bagi pelanggarnya. Jenis - jenis ini kebanyakan di salah gunakan oleh penggunanya.
Miras adalah singkatan dari Minuman Keras atau Minuman beralkohol yang dapat merusak jaringan tubuh dalam manusia.

Rokok adalah penyambung nafas bagi istilah pecandu - pecandunya. Rokok dapat menyebabkan serangan Jantung, Kanker, Merusak Jaringan Pernafasan, Impotensi, gangguan kehamilan dan Janin. yang saya herankan, di semua bungkus Rokok ada pemberitahuan tantang akibatnya, tetapi mengapa masih saja di gunakan oleh para pemakainya. Hanya pribadi masing - masinglah yang tahu.

Lem Kambing adalah jenis atau bahan perekat/lem yang disalah gunakan oleh penggunanya. Bahayanya jika menghisap Lem Kambing adalah dapat menyebankan Kanker, merusak syaraf otak dan merusak pernafasan hingga menyebabkan kematian.

dan yang terakhir Spertus adalah senyawa kimia yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian jika menggunakannya.

Dan beberapa zat adiktif lainnya yang sering kita temukan di kehidupan kita adalah Bensin, Asap Knalpot motor 2 tak. 2 jenis ini jika dihirup dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak hingga kanker.

Di negara kita Indonesia sudah banyak sekali pengguna NARKOBA, baik yang sudah kita ketahui atau kita kenal dan yang belum kita ketahui, karena para pecandu narkoba adalah aktor sinetron yang sangat pandai menyimpan identitasnya, dan bahkan mungkin pecandunya adalah teman anda sendiri? Semoga saja tidak. Banyak di anraka kita yang takut berinteraksi pada korban kejamnya NARKOBA, yang perlu kita ketahui adalah mereka semua itu adalah korban karena ketidak tahuan mereka tentang apa sesungguhnya dan bahayanya barang haram yang mereka gunakan tersebut. Jangan pernah ragu atau takut untuk berinteraksi kepada pengguna NARKOBA, asalkan dengan syarat kita harus mempunyai besik yang tinggi agar mempunyai pertahanan diri bahkan bisa mengajak pengguna tersebut untuk berhenti menggunakannya.

Pecandu/Pemakai NARKOBA mempunyai beberapa sifat buruk yang perlu kita ketahui. Sifat mereka antara lain Pembohong, Maling atau Pencuri dan Pelamun. Sifat pembohong mereka terjadi karena ketakutan mereka akan identitas mereka sebagai pengguna NARKOBA, apakah ada Pemakai/Pecandu NARKOBA yang jujur ketika ditanya menggunakan NARKOBA atau tidak? saya yakin tidak ada. Itu sudah menjadi bukti bahwa para pemakai/pecandu NARKOBA hidup mereka tidak akan tenang, karena mereka harus menyembunyikan jati diri mereka yang sesungguhnya sebagai pengguna. Lalu sifat sebagai Maling atau pencuri terjadi karena mereka akan melakukan hal apapun jika sudah sangat membutuhkan barang haram tersebut ketika mereka tidak punya biaya apa - apa lagi untuk membelinya. Itu menjadi bukti bahwa para pemakai/pecandu NARKOBA ketika sudah menggunakannya pasti mereka juga akan melakukan kriminalitas lainnya.
Dan sifat sebagai pelamun terjadi karena khayalan - khayalan mereka ketimbang kegiatan nyata yang di lakukan oleh mereka. Itu menjadi bukti bahwa para pemakai/pecandu NARKOBA adalah orang - orang yang malas dan tidak mempunyai kepercayaan diri dan tidak percaya dengan potensi mereka sendiri, sehingga mereka kebanyakan menghayalkan sesuatu yang ingin mereka tuju dari pada berusaha langsung.

Dan sekarang lanjut ke permasalahan pribadi kita , cara kita menghadapi dan menyikapi NARKOBA tersebut. Hal yang mudah dikatakan " SAY NO TO DRUGS " tapi sulit di kerjakan. Cara kita menyikapinya adalah dengan diri kita sendiri, karena hanya diri kita pribadi yang tahu kemana kita bawa diri kita untuk masa depan kita. Karena sudah kenyataannya NARKOBA sudah banyak merusak generasi bangsa ini, maka dari itu di mulai dari diri kita sendiri untuk merubah semuanya.
Langakh pertama untuk menyikapinya adalah dengan perubahan pada diri sendiri, dengan self esteem ( penilaian diri sendiri ) nilai - nilai yang kita berikan pada diri kita sendiri, kita harus berani bersikap dalam berbagai hal baik positif maupun negatif, selalu berpikir positif dengan apa - apa yang kita lakukan ataupun kita kerjakan. Selalu percaya diri, karena kebanyakan orang yang terjerumus narkoba adalah orang - orang yang mempunyai rasa negatif, minder, tidak percaya dengan skill atau kemampuannya, selalu merasa salah dalam berbuat, terpojok dan merasa tenggelam dalam berbagai hal, dan selalu berpikir salh sehingga yang salah menjadi benar atau kebalikannya. Gali potensi terbaik dirimu, jangan takut salah dalam melakukan hal yang baik, katakan " I LOVE ME " pada dirimu sendiri, karena jika anda mencintai diri pribadi anda, anda tidak akan mau tersesat menuju masa depan yang cerah. Selalu ingat dirimu dan potensi yang baik dalam dirimu. dan seketika itu pula anda akan menjauhi barang haram itu tersebut secara spontan karena anda tahu bahwa anda akan sukses tanpa barang haram itu ( NARKOBA ), dan tidak mau dirusak olehnya ataupun hal yang buruk dalam kehidupan anda. Orang yang sukses adalah orang yang berani berbuat lalu berani menanggung resiko. jangan takut bermimpi, karena orang yang selalu bermimpi adalah orang yang maju dan selalu berusaha untuk mengejar mimpinya tersebut. Tingkatkan kecerdasan Intelektualmu, namun di barengi dengan kecerdasan emosionalmu agar hidupmu seimbang dalam melakukan kegiatan sehingga anda selalu berpikir positif dan menjauhi negatifnya NARKOBA yang merusak hidup anda. Cintai diri anda sendiri, lalu fokuskan pada kekuatan anda dan bukan pada kelemahan anda, sehingga anda yakin anda kuat untuk menjauhi barang haram tersebut. Siapa yang tahu kemampuan dalam diri kita kalu tidak kita sendiri. Seperti rumus ini " Mampu menjauhi NARKOBA = Mampu menggapai cita - cita yang anda inginkan " .

Dan ini adalah beberapa orang pengguna NARKOBA yang telah masuk Panti Rehabilitasi, dan meraka adalah bukti nyata manusia - manusia yang kehilangan masa depan dan harus masuk panti rehabilitasi. Apa anda ingin seperti mereka? hidup di dalam panti menjadi mausia yang kehilangan masa depan? saya harap jawabannya TIDAK. Ini adalah beberapa orang korban kejamnya NARKOBA yang telah saya wawancari beberapa waktu lalu bersama dengan beberapa teman saya di Panti Rehabilitasi Al kamal Sibolangin Centre( Panti Rehabilitasi Gerakan Anti Narkoba yang berada di Sibolangit, Sumatera Utara, Indonesia ). Kami dapat mewawancarai korban nyata kekejaman NARKOBA tersebut karena sewaktu mengikuti Workshop Penyalahgunaan Narkoba di Asrama BBLKI Medan yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara. Dan terbukti begitu pentingnya acara sosial sepeti itu, karena dapat memberi wawasan kepada kita semua.
Dan ini adalah beberapa korban NARKOBA yang masuk panti rehabilitasi yang telah kami wawancarai beserta biodatanya :

1.Nama Pecandu : Sandi
Alamat : Banda Aceh
Agama : Islam
Umur : 26 Tahun
Pekerjaan : Pegawai Kantor Bupati ( Pemda )
Status : Sudah Menikah

Keterangan :
-Pertama sekali memakai NARKOBA ( Sandi ) degan cara membeli ke pengecer dengan uang sendiri, dengan alasan coba - coba lalu ketagihan.
-Mempunyai rasa penyesalan ketika sudah menjadi pecandu NARKOBA jenis Ganja dan harus masuk Panti Rehabilitasi.
-Saran si korban kepada kita adalah " jangan sesekali memakai NARKOBA, jika sekali menggunakannya pikiran kita jadi jahat dan tidak beres karena yang ada di pikiran kita cuma uang dan NARKOBA" ujar Sandi si korban Kejamnya Narkoba.

2. Nama Pecandu : Husein
Alamat : Binjai
Agama : Islam
Umur : 18 tahun
Pemakai sejak umur : 13 tahun
lama di panti : 2 tahun
Pemakai jenis : Sabu - sabu dan inex.

Keterangan : Ciri - ciri korban adalah sangat aktif dalam melakukan kegiatan, namun cenderung tidak percaya diri dengan hasil yang baru saja di lakukannya.
berbicara ngelantur, sehingga sulit untuk di wawancarai.

Itu adalah beberapa bukti nyata korban yang kami wawancara pada tanggal 29 November 2009 di Panti Rehabilitasi Narkoba Al Kamal Sibolangi Centre, dan yang perlu ada ketahui bahwa NARKOBA sangat kejam merenggut masa depan kita semua ketika kita sudah menjadi penggunanya. Maka Percayalah pada diri sendiri bahwa kita mampu lebih baik tanpa menggunakan NARKOBA.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Sumatera Utara yang telah menyelenggarakan Workshop Penyalahgunaan Narkoba pada tahun 2009 yang lalu, dan terbukti acara sosial seperti ini sangat berguna bagi generasi - generasi muda bangsa, apa lagi kebanyakan target Gembong NARKOBA adalah Para pelajar aktif.

Dan saya Ucapkan Terima Kasih banyak buat anda yang telah berkunjung dan membaca artikel saya yang masih perlu banyak perbaikan ini, saya hanya mampu memberikan sedikit info yang saya ketahui untuk kita semua dengan harapan hal yang tak seberapa ini berguna bagi kita semua.

Dengan Semangat kebangkitan mari kita ucapkan " Say No To Drugs, be Yourself And Love Yourself " .
See you later

Klik Link HOME di atas untuk Info - Info menarik lainnya.

- Muhammad Alkahfi.
16 Desember 2011